Unique Selling Preposition "Tourism Attraction"

·         Hanabi Mitsuri (Jepang)
"Hanabi Matsuri" bermakna festival kembang api. Untuk perayaannya sendiri dilakukan di pinggir sungai. Hal ini dikarenakan refleksi cahaya di air akan terlihat lebih indah. Bukan hanya terdapat kembang api saja, namun terdapat juga tempat hiburan seperti bazzar disekeliling area dilaksanakannya hanabi matsuri.
Masyarakat yang datang mulai dari orangtua, anak-anak dan tentunya remaja. Dan tradisi untuk menghadiri festival ini adalah dengan menggunakan "Yukata". Yukata merupakan kimono non formal yang biasa digunakan untuk menggantikan kimono sesungguhnya disaat terdapat acara non formal.

·         Festival Holi (India)
Setiap bulan Maret ribuan umat Hindu, terutama di India, merayakan Festival Holi. Tujuan utamanya adalah menyambut dan merayakan awal musim semi.
Perayaan Holi adalah waktu di mana masyarakat Hindu berdoa bersama pada para dewa untuk memohon kelancaran hidup selama setahun ke depan.  Dipercayai juga bahwa bubuk warna-warni melambangkan penghapusan dosa. Biasanya, pada hari penting ini warga India akan mengenakan pakaian berwarna putih.

·         Festival Internasional Salju dan Es Harbin (China)
Festival tahunan ini mulai diadakan secara teratur sejak tahun 1986 dengan nama Festival Salju dan Es Harbin.
Pameran dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api. Acara yang diadakan selama festival termasuk acara berenang di air es Sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, turnamen invitasi ski alpin.
Selain itu, panitia juga mengadakan lomba memahat es, lomba skat es, menulis puisi, festival film, berbagai pameran, dan upacara pernikahan di atas es. Festival ini diiikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.

·         Kejuaraan Internasional Santa Clause (Swiss)
Swiss memiliki cara sendiri menyambut Hari Natal. Salah satunya ialah menggelar kejuaraan dunia Santa Klaus yang berlangsung di Desa Samnaun di lereng pegunungan Swiss selama akhir pekan.
Acara ini sekaligus menambah semarak liburan akhir tahun. Kompetisi internasional ini mempertemukan para Santa Klaus dari berbagai belahan dunia. Lomba mengemudikan kereta salju juga menjadi nomor favorit. Para pengunjung juga menantikan lomba menghias roti jahe, menunggang keledai, hingga adu balap kambing.

·         Festival Bahari (Kepulauan Raja Ampat)
Atraksi utama festival ini bersandar pada wisata bahari, di antaranya penyelaman di situs yang masuk dalam 10 besar terindah dunia. Festival Bahari yang digelar di sekitar ibu kota kabupaten di Waisai.
Beberapa rincian festival yaitu Lomba Foto Bawah Laut, Lomba Perahu Dayung, orientasi bawah air, olahraga pantai seperti voli dll, dan atraksi budaya lokal.
Atraksi budaya lokal akan ditampilkan oleh masyarakat Raja Ampat dan peserta dari kabupaten lain. Masyarakat setempat siap mempertontonkan perahu tradisionalnya yang digunakan nenek moyangnya untuk mengarungi lautan.

·         Festival San Fermin (Mexico)
Festival San Fermin merupakan acara yang berlangsung di Spanyol. Acara yang menarik ribuan wisatawan ini diadakan setiap tahunnya pada 6 Juli hingga 14 Juli. Perayaan selama satu pekan penuh ini meliputi kegiatan tradisional untuk menghormati Saint Fermin. Satu juta orang memadati wilayah ini untuk bersuka cita merayakannya.
Siapa sangka, setiap tahunnya ada saja wisatawan yang tewas akibat serangan banteng di dalam ruang tertutup. Meski demikian, hal tersebut tetap tak menyurutkan niat mereka untuk merayakan festival ini.

·         Bungy Jumping (Bali)
Atraksi olah raga ini sebenarnya merupakan tradisi suku Maori di Selandia Baru, Dari Selandia Baru atraksi ini berkembang pesat di Australia kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia dengan peralatan keamanan standar yang lebih modern.
Atraksi menantang ini sangat digemari oleh wisatawan mancanegara serta beberapa wisatawan nusantara baik pria maupun wanita untuk menguji keberanian, namun tidak diperkenankan bagi mereka yang sedang hamil, tekanan darah tinggi dan mereka yang mempunyai penyakit Jantung.

·         Love Padlock (Paris)
Ada hal unik jika melewati jembatan Pont des Art yang menghubungkan antara Institute de France dan salah satu bagian dari palais du Louvre di Paris. Jembatan yang melintang diatas Sungai Seine ini dipenuhi dengan gembok bertuliskan nama orang – orang yang saling cinta. Banyak pasangan yang mengunci gembok cinta mereka di jembatan ini, lalu membuang kunci gembok ke Sungai Seine sebagai tanda bahwa cinta mereka akan abadi.

·         Wisata Roman Cinta Romeo – Juliet (Verona)
Rumah yang dibangun pada abad ke-12 ini, telah menjadi salah satu ikon kota Verona dan menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Tercatat sekitar 1,2 juta wisatawan membanjiri tempat ini setiap tahunnya.
Tradisi menempelkan surat di tembok Juliet ini sudah berlangsung sejak tahun 1940-an. Kebanyakan isi surat berisi tentang curahan hati dan meminta saran dari Juliet. Uniknya, ratusan surat yang telah menempel nantinya akan diambil oleh sejumlah relawan wisata tempat tersebut untuk dibalas satu persatu dengan bahasa yang romantis dan menghibur.

0 komentar:

Posting Komentar